Berikut adalah jawaban untuk soal pilihan ganda (PG) dan soal esai mengenai sistem CBS (Combined Braking System) pada motor Honda.
### **Jawaban Soal Pilihan Ganda (PG)**
1. **b) Combined Braking System**
2. **c) Mengoptimalkan fungsi rem depan dan belakang**
3. **a) Rem belakang saja**
4. **b) Rem belakang akan otomatis mengaktifkan rem depan**
5. **c) Membantu pengendara dalam pengereman darurat**
6. **b) Rem depan juga akan aktif**
7. **b) Honda Vario 125**
8. **b) Mengurangi tenaga yang dibutuhkan untuk mengoperasikan rem**
9. **b) Motor matic**
10. **b) Pengereman menjadi kurang efisien dan berbahaya**
11. **b) Rem depan dan belakang tidak berfungsi bersamaan**
12. **b) Rem belakang dan depan aktif secara bersamaan untuk pengereman yang lebih optimal**
13. **b) Tuas rem depan dan belakang, selang rem, dan master rem**
14. **a) Rem belakang**
15. **b) Pengereman dilakukan berdasarkan beban pada motor**
16. **c) Pada kondisi pengereman mendadak**
17. **d) Mengurangi efektivitas pengereman**
18. **b) Tidak, sistem serupa ada pada motor merk lain**
19. **c) Kedua rem bekerja bersamaan**
20. **b) Motor tetap stabil dan seimbang saat pengereman**
21. **b) Rem depan akan bekerja otomatis saat tuas rem belakang ditarik**
22. **b) Meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengendara**
23. **b) Menjaga kebersihan dan mengganti kampas rem secara berkala**
24. **b) Sistem pengereman**
25. **b) Rem tidak akan berfungsi dengan baik**
26. **b) Tidak, keduanya bekerja secara bersamaan**
27. **b) Pengereman tiba-tiba di jalanan basah atau licin**
28. **a) Hanya rem depan yang bekerja**
29. **b) Pengereman tiba-tiba di jalanan basah atau licin**
30. **b) Rem depan dan belakang bekerja bersamaan meski hanya menarik rem belakang**
---
### **Jawaban Soal Esai**
1. **Cara kerja sistem CBS pada motor Honda**
Sistem CBS bekerja dengan menghubungkan rem depan dan belakang dalam satu rangkaian. Saat pengendara menarik tuas rem belakang, sistem ini akan otomatis mengaktifkan rem depan juga. Hal ini memastikan pengereman yang lebih seimbang dan lebih aman, terutama dalam situasi mendesak atau saat rem belakang digunakan saja. Sistem ini bekerja dengan mengatur tekanan pada rem belakang yang secara otomatis mengalirkan tekanan ke rem depan.
2. **Keuntungan utama sistem CBS**
- **Meningkatkan keamanan**: Dengan sistem CBS, kedua rem bekerja secara bersamaan meskipun hanya menggunakan rem belakang. Hal ini membuat pengereman lebih stabil dan mengurangi risiko kehilangan kontrol pada motor.
- **Mengurangi kelelahan pengendara**: Pengendara tidak perlu menekan kedua tuas rem secara bersamaan, karena rem depan akan otomatis bekerja ketika tuas rem belakang ditarik, mengurangi usaha yang dibutuhkan.
3. **Komponen dalam sistem CBS**
Komponen utama dalam sistem CBS adalah:
- **Tuas rem depan dan belakang**: Merupakan komponen yang dioperasikan oleh pengendara untuk mengaktifkan sistem pengereman.
- **Selang rem**: Mengalirkan tekanan dari master rem ke kaliper rem.
- **Master rem**: Menghasilkan tekanan untuk mengaktifkan rem.
- **Kaliper rem**: Menekan kampas rem pada cakram untuk menghasilkan gaya pengereman.
Sistem ini bekerja secara otomatis untuk menghubungkan rem depan dan belakang.
4. **Sistem CBS dalam pengereman mendadak**
Sistem CBS sangat efektif dalam pengereman mendadak karena membantu pengendara menjaga keseimbangan saat berhenti secara tiba-tiba. Saat hanya menarik rem belakang, rem depan juga aktif untuk mendukung pengereman, mengurangi risiko roda depan terkunci yang bisa menyebabkan motor tergelincir.
5. **Sistem CBS dalam menjaga keseimbangan motor**
Dengan rem depan dan belakang yang bekerja secara bersamaan, sistem CBS menjaga keseimbangan motor saat pengereman. Ini sangat berguna terutama di jalan licin atau saat motor melaju dengan kecepatan tinggi. Hal ini mengurangi risiko terjadinya kecelakaan akibat kehilangan kontrol pada salah satu roda.
6. **Dampak kerusakan sistem CBS**
Jika sistem CBS rusak, pengendara mungkin akan kehilangan efektivitas pengereman karena rem depan dan belakang tidak bekerja bersamaan. Hal ini bisa berbahaya, terutama dalam kondisi jalan yang licin atau saat pengereman mendadak. Pengendara harus segera memeriksa dan memperbaiki sistem CBS di bengkel resmi.
7. **Perbandingan sistem CBS dengan sistem pengereman konvensional**
Sistem CBS lebih unggul dalam hal keselamatan karena membantu pengendara menjaga keseimbangan dan stabilitas motor dengan mengaktifkan kedua rem secara bersamaan. Pada sistem pengereman konvensional, pengendara harus menekan dua tuas rem secara terpisah, yang membutuhkan lebih banyak perhatian dan keterampilan.
8. **Perawatan berkala pada sistem CBS**
Perawatan berkala pada sistem CBS sangat penting untuk memastikan sistem pengereman tetap berfungsi dengan baik. Ini termasuk memeriksa level cairan rem, mengganti kampas rem yang sudah aus, dan memastikan tidak ada kebocoran pada selang atau master rem. Dengan perawatan yang baik, sistem CBS akan selalu bekerja optimal dan aman.
9. **Pengaruh CBS terhadap umur pakai komponen rem**
Sistem CBS dapat memperpanjang umur pakai komponen rem karena distribusi pengereman yang merata antara rem depan dan belakang. Hal ini mengurangi beban kerja masing-masing rem dan memperlambat keausan kampas rem.
10. **Sistem CBS pada berbagai kondisi jalan**
Pada jalan licin, sistem CBS memberikan manfaat lebih dengan membantu pengendara menjaga stabilitas dan mencegah tergelincirnya motor. Pada kecepatan tinggi, kedua rem yang bekerja bersamaan membantu mempercepat proses pengereman dan mengurangi jarak pengereman. Dengan demikian, sistem CBS meningkatkan keselamatan dalam berbagai kondisi berkendara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar