Senin, 08 September 2025

komponen mobil listrik


Komponen pada gambar tersebut adalah modul baterai (battery module) untuk kendaraan hybrid/elektrik, biasanya berupa baterai NiMH (Nickel Metal Hydride).

Bentuknya khas: terdiri dari beberapa sel baterai silinder/pouch yang disusun berjajar, dilapisi pendingin aluminium, dan dipasang dalam modul hitam dengan konektor di ujungnya. Modul seperti ini banyak ditemukan pada Hybrid Electric Vehicle (HEV) seperti Toyota Prius, Camry Hybrid, atau mobil hybrid lain.

👉 Jadi nama komponennya: Modul Baterai Hybrid (HEV Battery Module – NiMH).

Mau saya jelaskan juga cara kerja dan fungsinya di sistem HEV?

Komponen pada gambar ini adalah Service Plug Grip (atau Main Fuse HV/Service Plug Connector) pada baterai Hybrid/Electric Vehicle (HEV/EV).


🔹 Nama:


Service Plug Grip (HV Main Fuse/Connector).


🔹 Fungsi:


1. Memutus arus tegangan tinggi (High Voltage Disconnect):

Digunakan untuk memutus sambungan baterai tegangan tinggi dari sistem kendaraan saat servis atau perbaikan, agar teknisi aman bekerja.



2. Pengaman sistem (Main Fuse):

Selain sebagai penghubung/connector, di dalamnya terdapat fuse utama (sekring besar) yang berfungsi melindungi rangkaian HV dari arus lebih (overcurrent).



3. Safety interlock:

Saat plug dilepas, sistem HV kendaraan otomatis mati sehingga mencegah risiko tersengat listrik bertegangan ratusan volt.




⚡ Komponen ini biasanya berwarna oranye terang (kode standar internasional untuk komponen high voltage).


Apakah mau saya buatkan juga diagram sederhana posisi service plug ini dalam sistem baterai hybr

id supaya lebih jelas?

Komponen yang tampak pada gambar adalah bagian transaxle hybrid (Hybrid Transaxle / Hybrid Transmission).


🔹 Nama:


Hybrid Transaxle (berisi Motor Generator MG1 & MG2 + Planetary Gear Set).


🔹 Ciri-ciri di gambar:


Terlihat belitan tembaga besar → itu adalah motor generator (MG).


Ada gear set (planetary gear) yang menjadi pembagi tenaga antara mesin bensin dan motor listrik.


Bagian casing aluminium besar → housing transmisi hybrid.


Dipotong (cutaway) agar bisa melihat bagian dalamnya.



🔹 Fungsi:


1. Motor Generator (MG1 & MG2):


MG1 berfungsi sebagai generator untuk mengisi baterai dan juga starter mesin bensin.


MG2 berfungsi sebagai motor penggerak roda (traksi).




2. Planetary Gear Set:

Mengatur distribusi tenaga dari mesin bensin + motor listrik ke roda dengan sistem e-CVT (electronic continuously variable transmission).



3. Transaxle Housing:

Menjadi rumah dari motor listrik, generator, gear, dan komponen transmisi hybrid lainnya.




👉 Jadi komponen ini disebut Hybrid Transaxle / e-CVT Hybrid Transmission yang merupakan jantung penggerak pada kendaraan hybrid.


Mau saya buatkan skema sederhana bagaimana MG1, MG2, mesin bensin, dan roda sal

ing terhubung di dalam transaxle ini?






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

YouTube shorts

Mantap 🚀 kalau kamu mau konsisten bikin konten YouTube Shorts dengan niche “How to Make Money” untuk audiens Amerika, berikut saya buatkan ...