1. Dasar-Dasar Perbengkelan
Alat dan perlengkapan wajib di bengkel
Keselamatan kerja di bengkel
Cara membaca wiring diagram motor
Jenis-jenis baut dan fungsinya
2. Kelistrikan Sepeda Motor (Sesuai dengan niche Anda)
Konsep dasar kelistrikan motor (arus AC/DC, tegangan, dan hambatan)
Sistem pengapian (CDI, TCI, ECU)
Sistem pengisian dan cara menganalisis kerusakan
Cara cek dan mengganti kiprok, spul, dan aki
Analisis dan solusi masalah kelistrikan motor
3. Mesin dan Perawatan
Prinsip kerja mesin 4-tak dan 2-tak
Cara menyetel klep dan karburator
Penyebab motor brebet dan cara mengatasinya
Cara bongkar pasang piston dan silinder
Oli mesin: jenis, fungsi, dan kapan harus diganti
4. Sistem Bahan Bakar dan Injeksi
Perbedaan karburator dan injeksi
Cara kerja sistem injeksi pada motor
Diagnosa kerusakan motor injeksi dengan scanner
Penyebab motor boros bensin dan solusinya
5. Sistem CVT dan Transmisi Manual
Cara kerja CVT dan transmisi manual
Perawatan CVT: kapan harus ganti roller dan v-belt
Cara mengganti kampas kopling motor manual
6. Modifikasi dan Tuning Mesin
Modifikasi ringan vs berat pada motor
Cara menaikkan tenaga motor tanpa merusak mesin
Efek bore up dan stroker pada performa motor
7. Software dan Simulasi Kelistrikan Motor (Sesuai dengan rencana produk digital Anda)
Cara menggunakan software simulasi kelistrikan
Studi kasus analisis rangkaian listrik motor
Ebook ini bisa dibuat dalam beberapa seri, misalnya:
"Panduan Dasar Perbengkelan untuk Pemula"
"Panduan Servis Kelistrikan Sepeda Motor"
"Modifikasi dan Tuning Motor untuk Performa Maksimal"
Menurut Anda, bagian mana yang paling menarik untuk dikembangkan lebih dulu?
Berikut adalah panduan step-by-step untuk membuat software Simulasi Kelistrikan Motor di Kodular.
---
1. Buat Proyek Baru di Kodular
1. Masuk ke Kodular Creator
2. Klik Create Project
3. Beri nama proyek, misalnya: SimulasiKelistrikanMotor
---
2. Desain Tampilan Aplikasi (UI)
Buka Screen1, lalu tambahkan komponen berikut:
A. Tambahkan Komponen Dasar
1. Canvas (untuk menggambar rangkaian listrik)
Drag & drop Canvas ke dalam Screen
Atur ukuran: Width: Fill Parent, Height: 300px
2. Button (Saklar ON/OFF)
Tambahkan Button1 → Ganti teksnya jadi "Saklar"
3. Label (Indikator Status Arus)
Tambahkan Label1 → Ganti teksnya jadi "Arus: OFF"
4. Image Sprite (Komponen Listrik)
Tambahkan Image Sprite dalam Canvas
Unggah gambar untuk aki, saklar, lampu, kabel
---
3. Tambahkan Logika di Blocks
Klik Blocks dan buat logika berikut:
A. Logika Saklar ON/OFF
1. Pilih Button1 (Saklar) → Tambah event when Button1.Click
2. Tambahkan kondisi if-else:
Jika Label1.Text = "Arus: OFF", ubah menjadi "Arus: ON"
Jika Label1.Text = "Arus: ON", ubah menjadi "Arus: OFF"
B. Logika Menyambungkan Kabel
1. Pilih Image Sprite Kabel → Tambah event when ImageSprite1.Touched
2. Tambahkan if condition:
Jika saklar ON dan kabel tersambung ke lampu, ubah gambar lampu menjadi nyala
Jika saklar OFF, lampu tetap mati
C. Logika Visualisasi Arus Listrik
1. Jika arus ON, tambahkan efek garis di Canvas menggunakan Draw Line
2. Buat simulasi dengan Clock Timer untuk efek arus berjalan
---
4. Jalankan Simulasi & Uji Coba
1. Klik Connect → AI Companion di Kodular
2. Scan QR Code dengan aplikasi Kodular Companion di HP
3. Coba tekan saklar dan hubungkan kabel untuk melihat hasilnya
---
Pengembangan Lebih Lanjut
✅ Tambahkan lebih banyak komponen listrik (CDI, Koil, Kiprok)
✅ Tambahkan suara efek listrik menyala
✅ Buat kuis interaktif tentang kelistrikan motor
Bagian mana yang ingin Anda eksplor lebih lanjut? Saya bisa buatkan contoh file AIA jika perlu!
bahasa Indonesia
Tugas e-book untuk siswa bisa dibuat dengan berbagai pendekatan, tergantung tingkat kelas dan tujuan pembelajaran. Berikut beberapa referensi yang bisa digunakan:
1. E-Book Cerita Pendek
Siswa menulis cerita pendek berdasarkan pengalaman pribadi atau tema tertentu.
Bisa dikompilasi menjadi satu e-book berisi kumpulan cerita siswa.
2. E-Book Puisi
Siswa membuat kumpulan puisi bertema kebangsaan, lingkungan, atau kehidupan sehari-hari.
Dapat ditambahkan ilustrasi dan desain menarik.
3. E-Book Ulasan Buku
Setiap siswa membaca satu buku dan menuliskan ulasannya.
Kumpulan ulasan dijadikan e-book untuk referensi teman-temannya.
4. E-Book Artikel Bahasa dan Sastra
Siswa menulis artikel tentang perkembangan bahasa, sastra, atau tokoh sastra.
Bisa dikombinasikan dengan infografis dan data pendukung.
5. E-Book Drama atau Naskah Teater
Siswa menulis naskah drama dengan tema tertentu, lalu dikompilasi dalam satu e-book.
Bisa dijadikan referensi untuk pementasan di kelas.
Untuk membuat e-book, bisa menggunakan aplikasi seperti Canva, Google Docs, atau aplikasi pembuat e-book seperti Sigil atau Kotobee. Apakah ada tema khusus yang ingin Anda angkat dalam tugas ini?
perkantoran
Sebagai guru Perkantoran, Anda bisa membuat e-book yang berisi materi yang relevan dengan dunia kerja dan administrasi perkantoran. Berikut beberapa ide e-book yang bisa dijual:
1. Panduan Administrasi Perkantoran Modern
Konsep dasar administrasi perkantoran
Manajemen dokumen dan arsip digital
Etika dan komunikasi bisnis
2. Teknik Penulisan Surat dan Dokumen Resmi
Format surat resmi dan bisnis
Penulisan email profesional
Contoh dokumen perkantoran
3. Manajemen Arsip dan Dokumen Digital
Pengelolaan dokumen berbasis cloud
Keamanan data dan arsip digital
Software dan aplikasi pendukung
4. Skill Komputer untuk Administrasi Perkantoran
Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint)
Google Workspace (Docs, Sheets, Slides)
Tips meningkatkan produktivitas dengan teknologi
5. Public Speaking dan Komunikasi di Dunia Kerja
Cara berbicara di depan umum dengan percaya diri
Teknik presentasi yang efektif
Etika komunikasi dalam bisnis
6. Strategi Efektif Mengelola Waktu dan Tugas di Kantor
Manajemen waktu untuk pekerja administrasi
Teknik delegasi tugas dan prioritas kerja
Alat bantu produktivitas seperti Trello dan Notion
7. Mempersiapkan Diri untuk Dunia Kerja
Tips membuat CV dan surat lamaran kerja yang menarik
Strategi sukses wawancara kerja
Soft skill yang dibutuhkan di dunia perkantoran
E-book ini bisa dijual melalui platform seperti Google Play Books, Amazon Kindle, atau marketplace digital seperti Karyakarsa dan Gumroad. Apakah ada topik yang lebih spesifik yang ingin Anda fokuskan?
agama Islam
Sebagai guru Agama Islam, Anda bisa membuat e-book yang berisi materi keislaman yang bermanfaat dan bisa dijual. Berikut beberapa ide e-book yang bisa Anda buat:
1. Panduan Ibadah Sehari-hari
Tata cara sholat fardhu dan sunnah
Dzikir dan doa harian
Adab berwudhu dan bersuci
2. Tafsir dan Makna Ayat-ayat Pilihan
Tafsir ayat-ayat motivasi dalam Al-Qur'an
Ayat-ayat tentang akhlak dan adab
Penjelasan tentang ayat-ayat hukum dalam Islam
3. Kisah Teladan Nabi dan Sahabat
Kisah inspiratif Rasulullah dan para sahabat
Pelajaran dari kehidupan Nabi untuk kehidupan modern
Kisah-kisah perjuangan Islam dari sejarah
4. Panduan Pendidikan Karakter Islami
Menanamkan akhlak mulia sejak dini
Cara mendidik anak dengan nilai-nilai Islam
Etika pergaulan dalam Islam
5. Fiqih Praktis untuk Kehidupan Sehari-hari
Hukum-hukum Islam yang sering dihadapi dalam kehidupan
Panduan fiqih wanita
Hukum jual beli dalam Islam
6. Panduan Menghafal Al-Qur’an dengan Mudah
Teknik menghafal cepat untuk pemula
Motivasi dan tips menjaga hafalan
Doa-doa agar mudah menghafal
7. Buku Motivasi Islam
Cara meningkatkan iman dan takwa
Menghadapi ujian hidup dengan sabar dan tawakal
Motivasi kerja dan usaha dalam Islam
E-book ini bisa dijual melalui platform seperti Google Play Books, Amazon Kindle, Karyakarsa, atau media sosial. Apakah ada topik yang lebih spesifik yang ingin Anda bahas?
guru bahasa informatika
Sebagai guru Informatika, Anda bisa membuat e-book yang berisi materi yang bermanfaat bagi siswa, mahasiswa, atau profesional yang ingin belajar lebih dalam tentang teknologi. Berikut beberapa ide e-book yang bisa Anda jual:
1. Panduan Dasar Pemrograman untuk Pemula
Konsep dasar pemrograman (variabel, kondisi, perulangan)
Bahasa pemrograman populer (Python, JavaScript, C++)
Contoh proyek sederhana
2. Belajar Coding dengan Python untuk Siswa dan Pemula
Pengenalan Python dan sintaks dasarnya
Membuat program sederhana (kalkulator, game sederhana)
Algoritma dan struktur data dasar
3. Panduan Membuat Aplikasi Android dengan Kodular
Pengenalan Kodular dan interface-nya
Membuat aplikasi tanpa coding
Contoh proyek aplikasi praktis
4. Dasar-Dasar Jaringan Komputer dan Keamanan Siber
Konsep jaringan komputer dan protokol internet
Pengamanan data dan serangan siber umum
Tips menjaga keamanan data pribadi
5. Panduan Desain Web dengan HTML, CSS, dan JavaScript
Dasar HTML dan CSS untuk membangun website
Interaktif dengan JavaScript
Cara membuat portofolio online
6. Internet of Things (IoT) dengan Arduino dan ESP32
Dasar-dasar IoT dan komponennya
Cara menggunakan Arduino dan ESP32
Proyek IoT sederhana (sensor suhu, smart home)
7. Machine Learning dan Kecerdasan Buatan untuk Pemula
Konsep dasar AI dan machine learning
Pengenalan TensorFlow dan Google Colab
Proyek sederhana (prediksi data, pengenalan wajah)
E-book ini bisa dijual di Google Play Books, Amazon Kindle, atau platform seperti Karyakarsa dan Gumroad. Apakah ada topik khusus yang ingin Anda bahas lebih dalam?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar